Eksotisme Air Terjun Coban Rondo - Malang

air terjun coban rondo
Air Terjun Coban Rondo Malang merupakan salah satu tempat wisata yang cukup popular, Air Terjun Coban Rondo menjadi destinasi pilihan para traveler untuk menyejukan pikiran, mengademkan hati serta menetralkan suasana. Air terjun Coban Rondo merupakan air terjun yang berada di area pegunungan berketinggian sekitar 1.135 meter dpl. Udara yang sejuk dan pemandangan alam yang masih asri menjadikan Coban Rodo menarik bagi setiap wisatawan untuk berkunjung. Tinggi Air terjun Coban Rondo mencapai 84 meter. Air Terjun Coban Rondo pertama kali diresmikan menjadi tempat wisata pada tahun 1980. Sumber air terjun berasal dari mata air yang berada di sisi lereng gunung Kawi, yaitu mata air Cemoro Mudo.

Legenda asal-usul Air Terjun Coban Rondo
Legenda leluhur mengisahkan bahwa asal-usul Coban Rondo berasal dari kisah asmara sepasang pengantin yang baru saja melangsungkan pernikahan. Mempelai bernama Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi yang menikah dengan Raden Baron Kusumo dari Gunung Anjasmoro. Setelah usia pernikahan mereka mencapai 36 hari (Selapan: bahasa jawa), Dewi Anjarwati mengajak suaminya berkunjung ke rumah mertuanya di Gunung Anjasmoro. Namun orang tua Dewi Anjarwati melarang kedua mempelai pergi karena menurut tradisi Jawa, pasangan yang baru menikah dilarang pergi jauh apabila usia pernikahannya baru selapan. Tetapi, kedua mempelai bersikeras pergi dengan segala resiko apapun yang terjadi di perjalanan.

Ketika ditengah perjalanan keduanya dikejutkan dengan hadirnya Joko Lelono,yang tidak jelas asal-usulnya.Nampaknya Joko Lelono terpikat dengan kecantikan dewi Anjarwati,dan berusaha merebutnya.Akibatnya perkelahian antara Joko Lelono dengan Raden Baron Kusumo tidak terhindarkan kepada para pembantunya atau juga disebut punokawan yang menyertai kedua mempelai tersebut,Raden Baron Kusumo berpesan agar Dewi Anjarwati disembunyikan di suatu tempat yang terdapat di coban atau air terjun.Perkelahian antara Raden Baron Kusumo dan Joko Lelono berlangsung seru dan mereka berdua gugur.Akibatnya Dewi Anjarwati menjadi seorang janda yang dalam bahasa jawa disebut Rondo.Sejak saat itulah coban atau air terjun yempat bersembunyi Dewi Anjarwati dikenal dengan COBAN RONDO. Konon batu besar di bawah air terjun merupakan tempat duduk sang putri yang merenungi nasib.

Rute Menuju Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo Terletak di Kota Batu Malang, Jawa Timur, Tepatnya di jalan Coban Rondo, desa Pandesari, Kecamatan Pujon. Jarak dari Malang kota ke lokasi wisata kurang lebih 20 km, sedangkan dari kota Batu ke lokasi wisata kurang lebih 12 km.


Wahana yang ada di Air Terjun Coban Rondo


  • Labyrinth park
  • Flaying Fox
  • FTV
  • Bersepeda
  • Paint ball
tiket masuk coban rondo


Harga Tiket Masuk Coban Rondo

Kategori TiketWeekdayWeekend
Wisatawan DomestikRp 15.000Rp 18.000
Wisatawan MancanegaraRp 25.000Rp 30.000
Tiket WahanaHarga (Rp.)
Wisata TogaRp 5.000
Memberi Makan RusaRp 5.000
Shooting TargetRp 10.000
Api UnggunRp 200.000
TreewalkRp 50.000
SegwayRp 30.000
Sepeda GunungRp 5.000
Flying FoxRp 30.000
Fun TubingRp 35.000
LabirinRp 10.000
Previous
Next Post »
Thanks for your comment